Jeans Tak Dicuci Setahun atau 2 Minggu, Sama Kotornya!



Jakarta – Sebuah penelitian menarik dibuat oleh seorang peneliti di Kanada. Ia meneliti jeans yang tak dicuci selama setahun dan membandingkannya dengan yang tidak dicuci dua minggu. Hasilnya, ternyata kedua jeans tersebut sama kotornya.
Rachel McQueen, itulah nama peneliti yang juga dosen ekologi di Universitas Alberta, Kanada. Rachel melakukan penelitian setelah tahu ada mahasiswanya yang tidak mau mencuci jeansnya selama lebih dari setahun pemakaian atas nama fashion. Si mahasiswa, Josh Le (20 tahun) tidak mau mencuci jeansnya karena ingin mendapatkan warna jeans yang lebih natural.

Setelah lebih dari setahun jeans tersebut tidak dicuci, McQueen mengukur jumlah kotoran di celana tersebut. Ia lalu membandingkan hasilnya dengan jeans yang tidak dicuci selama dua minggu pemakaian.

“Aku pikir jumlah bakteri yang ditemukan akan relatif tinggi (setelah 15 bulan). Tapi aku cukup terkejut. Meski waktu pemakaian jeansnya (tidak dicuci) lebih pendek, ternyata jumlah bakteri yang ditemukan hampir sama,” ujarnya seperti dilansir NZ Herald.

“Aku pikir aku akan menemukan beberapa E. ****, tapi ternyata tidak ada. Bakteri yang ditemukan tidak dalam tingkat yang menimbulkan kekhawatiran,” tambahnya.

Dari penelitiannya terungkap, bakteri paling banyak ditemukan di daerah selangkangan. Ada sekitar 8.500-10.000 bakteri per sentimeter persegi di bagian tersebut. Namun McQueen menekankan, tidak ada satupun bakteri tersebut yang berbahaya.

Meski begitu, McQueen menambahkan, hasil penelitiannya ini tidak bisa digeneralisasikan. Hal penelitian tersebut sangat tergantung pada individu yang memakai jeans tersebut.

Pada penelitian McQueen, si subyek penelitian yaitu Josh Lee termasuk orang yang cukup peduli pada kebersihan. Josh juga selalu rajin memakai celana dalam dan memiliki kondisi tubuh yang sehat. Ia juga rutin menjemur jeans tersebut.

“Baunya tetap bisa tercium dari jarak 2 cm, tapi lebih dari itu tidak ada yang terlalu buruk,” jelas McQueen lagi.

Menurut McQueen, kebersihan pakaian sangat penting untuk Anda yang bekerja di tempat-tempat seperti rumah sakit, restoran dan hotel. Namun untuk pemakaian sehari-hari, mencuci jeans tidak terlalu sering akan sangat bermanfaat untuk lingkungan.

Peneliti lulusan Universitas Otago itu merujuk pada penelitian yang dilakukan Levi’s. Dari penelitian perusahaan jeans tersebut, dengan mencuci jeans sebulan sekali dan dibandingkan dengan seminggu sekali, Anda bisa menghemat energi 40% dan air 35%. (eny/eny)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: