Bekerja Secara Shift Memicu Cidera di Tempat Kerja

img

Jakarta – Bekerja secara shift ternyata berbahaya, terutama bagi wanita. Bekerja dengan shift yang berputar dapat memicu cidera saat bekerja. Studi tersebut dilakukan di Kanada dan meneliti lebih dari 30.000 responden. Hasil yang mengejutkan, wanita lebih besar mengalami kecelakan kerja bila berganti-ganti shift kerja.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa mereka yang bekerja bergantian, shift pagi, lalu diikuti shift malam, berkemungkinan mengalami cidera saat bekerja daripada mereka yang bekerja dengan waktu kerja yang reguler,” Jelas Imelda Wong, Penulis studi, seperti dikutip Times of India.

Wong menjelaskan, faktor utama pekerja mengalami cidera adalah rasa kantuk.  “Terganggunya pola tidur karena kerja shift, dapat menyebabkan mengantuk dan kelelahan yang dapat mengakibatkan cidera di tempat kerja,” tambah Wong.

Para peneliti menyimpulkan, konsentrasi pekerja wanita terpecah saat bekerja shift malam. Para wanita harus bertanggung jawab mengurus anak, rumah tangga dan juga pekerjaaan, mereka mungkin kesulitan menyesuaikan diri dengan shift kerja dan tidak bisa menjaga jadwal tidur yang teratur.

sumber: http://www.wolipop.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: