Tips Menurunkan Berat Badan

 

 

 

 

 

Banyak Orang yang memiliki masalah dengan Kegemukan. Mau tidak mau seseorang yang berbadan gemuk akan senantiasa tidak enak dipandang mata dan merasa tidak PD.


Bahkan kegemukan itu bisa menimbulkan banyak penyakit seperti: hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus (DM), kanker, sleep apnea, osteoartritis, gout, dislipidemia, batu empedu, dan lain-lain.

 

Masalah ini yang membuat banyak orang menginginkan untuk menurunkan berat badan mereka. Siapa yang tidak senang dan bangga memiliki tubuh yang langsing dan sehat? Walaupun bagi sebagian orang fisik bukanlah segalanya. Nah sekarang ini banyak sekali cara menurunkan berat badan dengan cepat. Ada yang dengan menggunakan bahan-bahan alami, ada yang menggunakan obat, ada juga yang melakukan diet yang terlalu keras dan malahan bisa menimbulkan penyakit bagi si Pengguna itu sendiri. Dan teman-teman yang mungkin sangat ingin mengetahui cara menurunkan berat badan dengan cepat baik itu secara alami, anda datang pada tempat yang tepat, karena hari ini saya akan memberikan beberapa tips-tipsnya.

ü  Sebelum anda melakukan tips ini, yg pertama kali anda lakukan adalah:

  • Catat status awal tubuh Anda, ukur lingkar pinggang, paha, lengan dan dada Anda.

Timbang berat Anda, dan sebisa mungkin cari tahu berapa persen kadar lemak d tubuh Anda. Yang perlu di lihat itu yaitu BMI( body mass indeks) badan anda. Apakah BMI anda normal apa tidak?.BMI ini bisa menentukan apakah anda termasuk kategori Underweight (kekurangan berat badan), Overweight (kelebihan berat badan) dan Obesitas (kegemukan). Rumus atau cara menghitung BMI sangat mudah, yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badan dalam meter (kg/m²).

Lalu hasil dari BMI tersebut dapat dicocokkan pada Tabel Klasifikasi Internasional dari Underweight, Overweight dan Obesitas pada Orang Dewasa yang disepakati oleh organisasi kesehatan dunia, WHO sebagai berikut :

Contoh: Berat badan saya adalah 77 kg dan tinggi saya adalah 176 cm. Maka BMI saya adalah 77/(1,76)² = 24.86 kg/m². Bila dicocokkan dalam tabel di atas maka saya masih masuk dalam kategori normal.

Hal ini sangat penting untuk mengukur kemajuan usaha kita dan mengevaluasi kondisi badan kita apabila ada peningkatan atau kekurangan.

  • Tentukan goal yang realistik seperti turun 2-3kg pada bulan pertama.

Jangan berharap turun 10-15kg dalam bulan pertama. Semakin realistik goal Anda, dan ketika Anda berhasil mencapainya, motivasi Anda akan lebih kuat untuk melakukan langkah-langkah berikutnya

ü  Nah, langsung saja. Inilah Cara Menurunkan Berat Badan dengan cepat secara alami:

  1. Dengan Minum Air Putih
    Bagi anda yang bingung dengan cara menurunkan berat badan, daripada mencari cara yang sulit dan memusingkan, mengapa tidak mencoba cara mudah menurunkan berat badan dengan cara minum minimal 2 liter air putih/hari. Karena air putih membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan. Disini air putih juga berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi metabolisme tubuh. Sehingga jika anda tidak minum air putih, maka anda tidak dapat membakar kalori.
  2. Olah raga
    Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus benar-benar bisa menginvestasikan waktu Anda untuk mencapai goal. Jangan bilang tidak punya waktu tetapi ingin berat tubuh turun. Seperti orang bilang saya ingin membeli mobil tetapi saya tidak punya waktu untuk bekerja. Anda harus bekerja keras untuk mencapai impian Anda bukan? Bagaimana cara mengatur waktu, itu saya serahkan kembali ke masing-masing individu karena setiap orang memiliki jadwal dan prioritas yang berbeda-beda. Maka di wajibkan untuk anda berolah raga.Olah Raga memang sudah menjadi rahasia umum sebagai cara yang paling dipercaya untuk menurunkan berat badan. Dan mungkin cara ini tidak perlu dibahas lagi karena sudah banyak yang menuliskan tentang hal ini.
  3. Makanan
    Dari beberapa penelitian tentang makanan-makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, para Ahli telah mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang terbukti sebagai makanan yang berguna unutk menurunkan berat badan. Makanan itu adalah Buah anggur, Ikan Sarden, Buah Labu, mengkonsumsi daging dari Sapi Pemakan Rumput (Emang ada sapi yang ga makan rumput?), dan yang terakhir adalah Teh Hijau.
  4. Jangan Mengkonsumsi Alkohol
    Salah satu cara untuk mengurangi mengkonsumsi kalori yang tidak diinginkan adalah mengurangi minum Alkohol. Sebagian berkeinginan untuk minum Alkohol karena persepsi yang dihasilkan oleh alkohol yang berupa rasa dan efek relaksasi. Tetapi, yang tidak banyak diketahui adalah minum alkohol juga bisa disebabkan rasa haus dan lapar. Mempertahankan agar tidak kehausan dan tidak pergi ke bar atau restoran ketika merasa lapar dapat menekan jumlah konsumsi alkohol anda.
  5. Biasakan Sarapan
    Sarapan memang sering tidak dipercaya sebagai cara menurunkan berat badan, tetapi ternyata sarapan pun berguna untuk menurunkan berat badan. Jika anda sarapan di Pagi hari, anda dapat mengurangi konsumsi makan siang anda. cukup pisang, yogurt, sereal, roti dan lain lain sebab makanan ringan yang mengandung banyak serat dan protein akan memberikan anda rasa kenyang hingga tiba waktunya makan siang.

ü  Kalau diatas adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami. Trus ada yang lain ga?? ouw masih ada nih tambahan:
1. kalo makan karbohidrat jangan diampur sama protein, jadi kalo mau nasi sama sayur, kalau mau mengkonsumsi daging/ikan ya sama sayur jgn pake nasi..
2.ukuran nasinya max 6 sendok makan untuk daging/ikan sekali makan kira2 sepotong sedang aja.
3.jangan makan diatas jam 7malam.
4. jangan makan makanan awetan/kalengan, usahakan perbanyak serat, sayur dan buah
5. tiap pagi bangun tidur minum 1gls air+ perasan jeruk nipis sepotong aja.
6. makan pagi hanya boleh buah/oatmeal, kalau gak tahan bisa nyemil buah potong jam 10 pagi.

7. olahraga teratur.

8. Makanlah protein dalam jumlah yang cukup. Sumber-sumber protein adalah ayam, ikan, daging, tahu, tempe, telur (putihnya), kacang-kacangan. Apabila Anda benar-benar ingin menguruskan tubuh, jumlah protein ini harus cukup tinggi

sumber: http://kumahasia.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: